Selasa, 17 April 2012

CARA MENGATASI RUNDLL32 YANG EROR


Rundll32.exe merupakan program internal Windows yang digunakan untuk menjalankan program internal lain sebagai DLL (dynamic link libraries), yang diperlukan oleh Windows maupun program-aplikasi agar bisa berfungsi. Program-program aplikasi sangat tergantung keberadaan file DLL, yang akan diletakkan di dalam memori untuk kemudian memicu fungsi tertentu dari modul DLL yang bersangkutan.

Ketika file Rundll32.exe bermasalah maka muncul pesan ini :

“Windows cannot find C:\Windows\System32\Rundll32.exe.
Make sure you typed the name correctly and try again”

Mengapa pesan-error Rundll32.exe muncul ?

Pesan Error  Rundll32.exe akan muncul :

Sebagai tanggapan kegagalan Windows mengakses suatu program/file dimana file-DLL  program tersebut rusak/hilang.
Sebagai respons terhadap adanya malware/virus (yang menyamar sebagai) “rundll32.exe” , yang sengaja dirancang untuk terlihat seperti sebuah processes Windows yang normal.
Karena telah terjadi proses install yang tidak sempurna, atau uninstall yang tidak bersih/tuntas, yang menyebabkan system  crash.

Saat instalasi sistem operasi Windows (xp), file Rundll32.exe dibuat (diletakkan) di dua tempat (folder path), yaitu :

1. C:\windows\system32 , dan
2. C:\windows\system32\dllcache

Keberadaan file di dua tempat ini cukup “menguntungkan” bila terjadi error (lost/corrupt) pada Rundll32.exe. Dikarenakan kerusakan yang sering terjadi adalah error pada file yang ada di path/folder (1), maka kita bisa menyalin file yang sama dari path/folder (2) untuk kemudian dipaste di path/folder (1).

Tetapi dalam kasus error/kerusakan yang disebabkan oleh malware (baca bagian - Infeksi malware) maka file yang ada di path (2) pun biasanya juga mengalami kerusakan, ini sering ditandai dengan computer tidak bisa di matikan/shutdown, delete saja file Rundll32.exe yang sudah terinfeksi. Apabila hal ini yang terjadi, maka kita perlu meng-copynya langsung dari cd-installer windows.


Cara memperbaikinya :

Yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan virus-scan menggunakan antivirus yang baik dan update (saya biasa menggunakan AVG). Hal ini untuk memastikan ada - tidaknya infeksi malware didalam computer.

Selanjutnya bisa dilakukan hal-hal berikut :

Copy file dari folder-cache

  1. Bila ternyata tidak ditemukan infeksi virus, atau dengan kata lain memang file Rundll32.exe nya rusak, cobalah mencari (duplikat) file Rundll32.exe di dalam folder C:\Windows\system32\dllcache.  Jika masih ada, silakan copy dan paste ke lokasi C:\Windows\system32.
  2. Lalu Restart computer, dan bila semua berjalan normal, berarti masalah teratasi.

Jika yang terjadi tidak seperti yang diharapkan, maka perlu meng-copy file tersebut dari “sumber aslinya” yaitu CD-Installer Windows, caranya :

Copy file menggunakan software ekstraktor

  1. Masukkan CD-installer Windows (saya ambil contoh windows XP 3 black edition yg biasa saya pakai) sambil menekan tombol Shift (agar autorun-cd tidak aktif).
  2. Cari file ini :\I386\RUNDLL32.EX_  di drive CD \ DVD-RAM Drive anda (lihat screenshot gambar-1 dibawah).
  3. File tersebut adalah Rundll32.exe versi-terkompresi (perhatikan perbedaan extensi-nya), sehingga untuk menggunakannya harus di-ekstrak terlebih dahulu. Untuk melakukan ekstraksi bisa menggunakan software kompresi misalnya Winzip, Winrar, IZarc dll. Dalam contoh ini saya menggunakan software winrar.
  4. Klik-kanan file RUNDLL32.EX_ buka dengan winrar, lalu ekstrak ke address-pathnya : C:\Windows\System32
  5. Klik [OK].
klik untuk memperbesar

Keluarkan cd, dan restart komputer. Semoga semuanya kembali normal.

Dan jika anda tidak mempunyai CD windows, caranya kita main aja ke teman kita yg punya komputer, atau bisa juga ke Warnet ,. Lalu kita copy aja file Rundll32.exe tersebut yang biasanya berada di C:\windows\system32 ke flashdisk anda (tentu saja dengan mengutamakan keamanan-scan flashdisk dengan antivirus terlebih dahulu).

Semoga trik ini bermanfaat bagi anda...


Update 27 September 2012

Dikarenakan postingan ini cukup menarik (sering diakses para netter), maka kali ini saya menyediakan link download file Rundll32.rar (file tinggal diekstrak dengan winrar dll).

Dan ini dia file yg dimaksud : Download Rundll32

Ingat!!! file diekstrak di C:\windows\system32

Terimakasih kepada pengunjung blog yang sudah mampir disini dan salam bloger untuk anda semuanya.

2 komentar:

  1. Ini bener ga? Takutnya pas di coba malah tambah eror nih pc gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mas, sampai saat ini (07-10-2015) file tsb sudah didownload 1361 kali, dan sampai saat ini tidak pernah ada keluhan atau kegagalan, dan trik tersebut sering saya gunakan untuk memperbaiki komputer di kantor saya.

      Hapus